Mengatasi Bumbu Tabur yang Menggumpal


Setelah tinggal di rumah sendiri, ternyata banyak hal/masalah kecil yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah ini mungkin juga terjadi pada orang lain, that’s why I feel like sharing what I experienced, baik itu dalam bentuk tips/pertanyaan/small talk. Seperti artikel kali ini misalnya, terinspirasi saat mendapati garlic powder gw yang membeku..


Onion powder, garlic powder, paprika powder ataupun bumbu bubuk tabur lainnya sering kali menjadi pilihan untuk dapur kita. Hal ini karena masa simpannya yang lama dan tidak perlu repot-repot mengupas ataupun memotong dan mengiris, apalagi di beberapa buku resep pun banyak yang menggunakan takaran dalam bentuk bubuk. Begitu banyak merk yang memproduksi bumbu tabur ini dalam tempat bumbu yang praktis: dalam botol kecil dengan tutupan berlubang-lubang untuk tempat mengeluarkan bumbu. Tapi tebak apa? Somehow, bumbu-bumbu ini mudah sekali “mengeras” sehingga menjadi sulit untuk dikeluarkan dari botolnya. Kenapa? Dan bagaimana cara mengurai kembali bumbu yang sudah menggumpal dan mengeras ini?


Penyebab:
Bumbu tabur adalah bumbu yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi bentuk bubuk. Penyebab utama mengapa bumbu ini kemudian menjadi keras alias mem’batu’ adalah karena bumbu ini menjadi lembab. Ayo, apakah kamu pernah melakukan salah satu hal di bawah ini:
  1. Menuangkan bumbu ini langsung di atas wajan/panci sambil memasak?
  2. Menyimpan bumbu di dekat oven/microwave?
  3. Lupa menutup bumbu setelah digunakan?
Bila Ya, there’s your answer!!


Walaupun kemasan dibuat seolah bisa digunakan langsung dengan mudah, namun menuangkan bumbu langsung sambil memasak membuat uap air yang dihasilkan masakan terperangkap di dalam kontainer kemasan, itulah yang membuat bumbu kita menjadi lembab. Begitu pula dengan menempatkan bumbu di tempat yang bersuhu di atas rata2 ataupun lupa menutup bumbu setelah digunakan, juga dapat menyebabkan kelembaban.

Cara mengatasi:
Tapi tenang saja, jangan merasa bersalah ataupun malu, karena you know what? kamu bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Banyak sekali orang yang pernah melewati fase ini, dan ini adalah cara yang bisa kamu gunakan bila sudah terlanjur membatu:
  1. Pastikan expired date/tanggal kadaluarsa belum lewat (untuk apa kita susah2 kalau sudah ga bisa dipakai kan? :D)
  2. Keluarkan bumbu yang sudah menggumpal/mengeras tersebut ke mangkuk/wadah lainnya. Bila susah, pertimbangkan untuk menyiapkan wadah pengganti sehingga wadah lama bisa dipotong.
  3. Pecahkan gumpalan bu,bu dengan menggunakan garpu dengan cara menusuk-nusuk lembut hingga kembali ke bentuk bubuk.
  4. Masukan kembali bumbu yang sudah berbentuk bubuk ke kontainer penyimpanannya.
  5. Tambahkan 6-10 butir beras butir panjang untuk membantu menyerap kelembaban yang sudah menempel pada bumbu, ini juga bisa membantu dalam mencegah pembentukan gumpalan di kemudian hari.
  6. Tutup rapat kontainer bumbu dan simpan di tempat yang dingin/kering.


Cara mengantisipasi:
Lebih baik mencegah daripada mengobati! Untuk kalian yang memilih membeli yang baru ataupun baru saja membeli bumbu-bumbu itu dan cukup beruntung sudah melihat artikel ini duluan, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar bumbu bubuk kalian bisa awet digunakan dan tidak mengeras/membatu:
  • Simpan bumbu di tempat yang tidak lembab dan jauh dari hawa panas, kalau bisa, simpan di kulkas.
  • JANGAN PERNAH menggunakan bumbu langsung di atas masakan, lebih baik gunakanlah sendok kecil/tuang ke telapak tangan untuk mengambil jumlah yang dibutuhkan dari kontainer kemasan, baru tuang ke masakan.
  • Selalu tutup bumbu setelah digunakan untuk menghindari kelembaban dan untuk menjaga kesegaran bumbu.
  • Jaga kelembaban bumbu dengan coba menggunakan beras butir panjang ataupun silica gel FOOD GRADE (tau kan?bungkusan kecil yang berisi butiran yang suka kita dapatkan saat membeli roti kemasan misalnya?bila kamu memutuskan membeli silica gel baru, pastikan silica gel yang kamu beli sudah FOOD GRADE/aman untuk makanan)
  • Bila perlu, pindahkan bumbu yang baru kamu beli ke kontainer kedap udara.


Nah, itulah tips rumah tangga hari ini. Apakah kamu punya tips tambahan lainnya? Atau ada masalah rumah tangga lainnya yang bisa dishare dengan yang lain? Tinggalkan komentar, karena sharing is caring



Sumber : https://girinomusume.wordpress.com/tag/menyimpan-bumbu-tabur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar